Hyundai Ajukan Hak Paten Setir Baru, Sensasi Nyetir ala Mobil Balap

NAMYANG, AVOLTA – Hyundai melalui divisi N resmi mengajukan hak paten desain setir baru yang diklaim mampu menawarkan sensasi ala mobil balap. Pada lingkaran setir itu tersedia lampu shift internal yang dapat menyala.

Secara fungsi lampu tersebut bertujuan sebagai indikator atau pengukur waktu yang tepat untuk mengganti gigi seperti halnya pada mobil balap.Demikian dilansir dari laman CarBuzz, Kamis (27/6/2024).

Hak paten tersebut diarsipkan melalui United States Patent and Trademark Office (USPTO) dan German Patent and Trademark Office (DPMA). Pabrikan asal Korea Selatan ini pun mengklaim bahwa konsep ini dirancang secara sederhana sehingga biayanya lebih murah untuk dirakit dan memudahkannya diproduksi secara massal.

Menariknya lagi, setir ini akan menampilkan indikator LED di bagian atasnya, dan panel finishing dengan lensa bisa terpasang dengan berbagai bahan material dari setir kemudi, termasuk serat karbon.

Hyundai mengklaim, arsitektur setir kemudi ini memiliki alur di mana kabel hanya dapat dipasang jika diperlukan. Basis modular ini memungkinkan pabrikan memproduksi satu roda kemudi untuk beberapa kendaraan serta dapat memangkas biaya pengembangan dan produksi.

Nantinya belum tahu setir baru ini akan disematkan di model mana saja, tapi yang jelas bakal digunakan di Ionia 5 N dan Elantra N.

CATEGORIES
TAGS