Ford Bikin Mobil Listrik Rp 400 Jutaan

JAKARTA, AVOLTA – Persaingan dengan merek Cina semakin ketat, dan banyak pabrikan otomotif harus putar otak untuk tetap bisa bertahan. Salah satunya, adalah Ford yang bakal meluncurkan mobil listrik murah, dengan harga perkiraan US$ 30 ribu atau setara Rp 482 jutaan.

Disitat dari Carscoops, CEO Ford, Jim Farley telah mengatakan, mobil listrik murah ini sudah mulai dikerjakan oleh jenama asal Amerika Serikat tersebut. Rencananya, kendaraan ramah lingkungan harga terjangkau ini siap dipasarkan dalam 2,5 tahun mendatang atau 2027.

Jim Farley bahkan cukup yakin, mobil listrik murah ini akan mendatangkan keuntungan yang sangat besar bagi Ford, sekaligus bisa bersaing dengan merek Cina, yang terus mendatangkan roda empat ramah lingkungan harga ekonomis di pasar.

Selain itu, Farley juga mengatakan, Amerika harus menghentikan kebiasaan menggunakan mobil besar untuk membantu transisi menuju masa depan yang lebih besar, dan menghadapi era elektrifikasi.

“Kita harus kembali mencintai kendaraan kecil. Ini sangat penting bagi masyarakat kita, dan untuk adopsi kendaraan listrik,” ucap Farley, kepada CNBC.

“Kami sangat menyukai kendaraan monster ini, dan saya juga menyukainya, tapi ini masalah beratnya,” tegasnya.

Sementara itu, Ford memprioritaskan pembuatan kendaraan listrik berukuran kecil, akrena tidak masuk akal secara finansial untuk membuat mobil listrik berukuran besar.

“Anda harus melakukan perubahan radikal, untuk mendapatkan EV yang menguntungkan. Hal pertama yang harus kami lakukan adalah mengerahkan seluruh modal kami untuk kendaraan listrik yang lebih kecil dan lebih terjangkau,” tukas pimpinan merek berlambang oval biru ini.

CATEGORIES
TAGS