New Toyota Fortuner GR Sport Makin Terasa Menjanjikan


JAKARTA, AVOLTA – Tidak lama setelah Mitsubishi meluncurkan New Pajero Sport, Juli 2024, PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung meresponnya dua bulan kemudian dengan menghadirkan New Fortuner. SUV yang sering viral karena arogansi beberapa oknum ini telah mendapat penyegaran dari segi fitur keselamatan, entertainment, dan perlengkapan off-road guna memberikan sensasi pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Untuk membuktikan fitur-fitur terbarunya, Toyota mengajak New Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 bergelut dengan medan off-road ringan di Kawasan BSD, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu. Duduk sebagai penumpang, varian termahal Fortuner ini dikendarai oleh instruktur yang bermanuver meliuk-liuk di sirkuit off-road buatan ini.

Ubahan baru pada Fortuner 4×4 berupa aplikasi Monotube Suspension Tuned by GR sepertinya berhasil membuatnya lebih nyaman. Fortuner baru terasa lebih stiff atau kaku dibanding sebelumnya. Ini membuat saat berkendara menjadi lebih stabil dan tidak mudah limbung. Namun, efeknya saat berjalan di medan off-road mobil akan terasa lebih rigid, namun masih tetap nyaman.

Bermodalkan mesin diesel 1GD-FTV berkapasitas 2.755 cc VNT Intercooler, tenaga yang diproduksi 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm. Daya ini sudah lebih dari cukup untuk diajak off-road, menanjak curam, hingga lari di kecepatan tinggi.

Ground clearance yang mencapai 220 mm, menjadikan. pengemudi percaya diri saat melibas berbagai kondisi jalan, ataupun jalanan banjir tidak terlalu parah. Apalagi fitur Rear Differential Lock (R/D Lock) menciptakan pengendalian mobil terasa lebih mudah dan aman.

Dari segi penampilan, desain baru velg dan kaliper berkelirmerah racikan GR sukses memberikan penampilan lebih menarik dan sporty, yang berbeda dengan model sebelumnya. Perubahan eksterior yang disegarkan Toyota juga menghadirkan New LED with Sequential, New Grille with GR Front Spoiler, dan juga New Black Roof. Sedangkan pada bagian belakang terdapat New Rear Bumper with Rear GR Spoiler, dan New Back Door Garnish with Body Color.

Selain dari sisi kenyamanan, Toyota juga memberikan beragam fitur keamanan di Fortuner terbaru. Seperti adanya advanced safety technology Toyota Safety Sense (TSS). Active safety features yang dipasang adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Dari segi hiburan di dalam kabin, terdapat 9-inch Audio System menggunakan OS Android yang dilengkapi fiturBluetooth, NFC Checking, dan Voice Command. Kemudianpada baris kedua sudah dilengkapi 11.6-inch Rear Seat Entertainment (RSE) yang bisa diakses secara terpisah. Additional lain adalah Digital Rear View Monitor with DVR.

Seluruh model New Fortuner (kecuali varian G) kinidilengkapi dengan T Intouch, teknologi konektivitas yang menghubungkan pengemudi, kendaraan, dan layanan melaluijaringan internet. Teknologi ini menawarkan fitur Remote Immobilizer yang dapat diakses melalui aplikasi mToyota, memungkinkan pemilik kendaraan untuk menonaktifkanmobil secara jarak jauh saat terjadi pencurian.

Selain itu, fitur In-Car Connectivity yang dilengkapi denganConnected Head Unit dan Connected Rear Seat Entertainment (RSE) memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk tetapterhubung. Fitur ini juga menyediakan layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) yang dapat diakses melalui tombol khusus di head unit, serta WiFi Hotspot berbasis jaringan broadband 4G/LTE yang tersedia gratis selama tigabulan pertama.

CATEGORIES
TAGS