Kia Rilis Mobil Listrik Murah Ray EV, Rp 300 Jutaan

Kia Ray (Bloomberg)

SEOUL, AVOLTA – Kia Corporation resmi meluncurkan mobil listrik mungilnya, Ray. Kendaraan ramah lingkungan ini jadi model termurah di pasar Korea Selatan.

Dilansir Bloomberg, Kamis (21/9/2023), mobil listrik Kia Ray dibanderol US$ 20 ribu atau setara Rp 308 jutaan. Mobil listrik mungil ini, memiliki varian kapasitas satu tempat duduk, jadi yang paling murah dari Kia Ray EV.

Dengan peluncuran Kia Ray ini, akan semakin memanaskan perang harga di pasar Negeri Ginseng, seiring banyaknya perusahaan start-up yang menawarkan produk dengan harga yang terjangkau.

Secara detail, harga Kia Ray dengan satu tempat duduk adalah US$ 20.500 atau setara Rp 315 jutaan. Model ini, bahkan mendapatkan subsidi hingga banderolnya lebih murah lagi, hanya sekitar US$ 16 ribu atau setara Rp 246,3 jutaan.

Sedangkan untuk versi empat tempat duduk, Kia Ray dibanderol 29,55 juta won atau setara Rp 367,8 juta.

Sementara itu, mobil listrik kia Ray ini disebut sudah mendapatkan pesanan hingga 6.000 pelanggan dalam kurun waktu 20 hari kerja terakhir sejak resmi diluncurkan. pencapaian ini, melampaui target dari Kia sebanyak 4.000 unit hingga akhir 2023.

Spesifikasinya, Kia Ray dipersenjatai baterai lithium-iron-phosphate (LFP) 35,2 kilowatt-jam, yang lebih murah dibandingkan sel berbasis nikel yang memberikan jangkauan berkendara lebih jauh. jarak tempuh dari mobil listrik ini, mencapai 200 Km dalam sekali pengisian daya.

Waktu pengisian baterainya sendiri, dibutuhkan sekitar 40 menit dengan fasilitas fast-charging untuk mengisi dari 10% sampai 80%. Mobil ini pun dirancang bagi konsumen yang tinggal di perkotaan dengan infrastruktur pengisian daya yang sudah mapan.

CATEGORIES
TAGS