Toyota GR86 Terbaru Meluncur, Harga Tembus Rp 1 Miliar

JAKARTA, AVOLTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis versi penyegaran dari mobil sport andalannya, GR86. Model asal Jepang ini, mendapatkan peningkatan performa berkendara dari Gazoo Racing (GR), mulai dari mesin, sentuhan racing di komponen kemudi, dan suspensi.

“New GR86 yang batas performance-nya ditingkatkan lebih tinggi lagi, untuk memperkuat pengalaman berkendara unik khas GR Pure dan memberikan joy of GR dari balik kemudinya,” ujar Vice President PT TAM, Henry Tanoto, dalam keterangan resmi, Jumat (28/9/2024).

Ubahan pertama di GR86 ini, adalah peningkatan karakter shock absorber, yang diklaim berfungsi memberi kontak dengan aspal lebih optimal, dengan mempertahankan respons handling khas mobil sport.

GR menjalin kolaborasi dengan Sachs (ZF) untuk menyediakan shock absorber paling sesuai dengan karakter GR86. Kemudian, Electric Power Steering (EPS) telah ditingkatkan untuk memberikan handling yang lebih intuitif dan respons alami ketika berinteraksi dengan pengemudi.

Sementara itu, performa dari mesin boxer “Subaru” FA24 2.387 cc 4-silinder masih memadai. Teknologi D-4S dianggap sanggup memberikan efisiensi termal terbaik, sehingga menghasilkan output tenaga 235 PS pada 7.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 3.700 rpm.

Sedangkan transmisi, untuk manual 6-speed, Engine Torque Control sudah dimodifikasi supaya dapat memberi sinyal perpindahan gigi ke pengemudi dengan mudah dan jelas. Selain itu, transmisi otomatis 6-speed, toleransi putaran mesin ketika menurunkan gigi transmisi (downshift) telah dinaikkan untuk menjaga torsi maksimal lebih mudah diraih begitu pedal gas diinjak kembali.

GR86 tetap mengaplikasikan layout mesin depan dan RWD yang mengadopsi konfigurasi mobil sport klasik Toyota dengan ciri khas ruang mesin lebih panjang, bahu rendah sejajar garis kap mesin, kabin ringkas dan bodi lebar.

Dari sektor kabin, penyegaran terdapat pada Automatic Interior Light Off Function yang aktif ketika pintu dibuka-tutup, tuas lampu sein dengan pengunci saat dioperasikan dan jahitan pada bangku yang berubah dari merah menjadi hitam. Selanjutnya, New GR86 juga sudah disematkan T Intouch versi terkini yang memiliki akses internet.

Menyoal harga, untuk varian transmisi manual dibanderol Rp 1,016 miliar dan untuk transmisi otomatis Rp 1,054 miliar dengan status on the road (OTR) Jakarta.

CATEGORIES
TAGS