Bajaj Freedom, Motor CNG Rp 18 Jutaan

NEW DELHI, AVOLTA – Bajaj Auto membuat terobosan di industri sepeda motor, khususnya di India. Belum lama ini pabrikan meluncurkan Bajaj Freedom yang mengadopsi teknologi Compressed Natural Gas (CNG) alias berbahan bakar gas dijual mulai 95.000 rupee atau setara Rp18,4 jutaan.

Melansir Rushlane, Selasa (9/7/2024) Freedom tersedia dalam dua varian, dan masing-masing dibekali mesin 125cc berpendingin udara horizontal yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 9,3 hp dan 9,7 Nm , dan dikawinkan dengan gearbox lima percepatan.

Platform Compressed Natural Gas (CNG) ini merupakan gas alam yang dikompresi dan disimpan di dalam tangki. Ketika motor melaju, gas dimasukkan ke dalam mesin yang nantinya bercampur dengan udara. Cara kerjanya tak berbeda dengan mesin pembakaran internal tenaga bensin.

Motor ini punya tangki CNG yang terletak di bawah jok dengan kapasitas 2 kg sedangkan tangki bensin tambahan mampu menampung 2 liter bensin, dan jangkauan gabungannya diklaim lebih dari 330 km.

Secara tampilan, Freedom tersedia dalam dua pilihan model, yaitu motorcross dan scrambler. Pilihan warnanya beragam, mulai Pewter Grey, Ebony Black, Racing Red, Cyber White dan Caribbean Blue.

CATEGORIES
TAGS