Nissan Bikin Baterai Solid-State, Kemungkinan Buat GT-R EV

TOKYO, AVOLTA – Nissan menjadi produsen otomotif yang melihat masa depan baterai untuk kendaraan listrik (electric vehicle/EV) mengarah kepada teknologi solid-state. Pabrikan asal Jepang ini pun dikabarkan lagi mengembangkan dan direncanakan akan dipasang di GT-R versi listrik, di masa depan.

Melansir laman Drive, Rabu (12/6/2024) All-Solid-State Batteries (ASSB) Nissan ini dijadwalkan masuk jalur percontohan pada tahun 2024. Klaim perusahaan, bisa mengurangi bobot dan meningkatkan daya jelajah, serta bisa diisi ulang dengan waktu yang cukup cepat.

Senior Vice President & Chief Planning Officer Nissan untuk wilayah AMIEO (Afrika, Timur Tengah, India, Eropa, dan Oseania) Francois Bailly mengatakan bahwa, mobil sport cocok dengan ambisi EV-nya.

“Kami sedang melakukan Formula E, bukan? Jadi ya, kami akan terus membuat mobil sport. Pertanyaannya adalah kapan mobil-mobil itu bisa beralih ke EV? Dan itu kembali lagi ke teknologinya. Kami perlu mengembangkan blok-blok tersebut agar mobilnya masuk akal,” ujar Bailly.

Sebelum diproduksi massal pada tahun 2028, Nissan lebih dulu melakukan pengujian yang dijadwalkan pada 2026.

CATEGORIES
TAGS