Toyota Prius Makin Canggih, Ada Opsi Hybrid dan PHEV

Toyota Prius Model 2023 (Toyota)

 

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Motor Corp (TMC) resmi meluncurkan Toyota Prius generasi terbaru, Rabu (16/11/2022) di Jepang. Mobil yang identik dengan konstruksi liftback ini makin canggih hadir dengan dua mode hibrida, yaitu seri paralel Hybrid (HEV) dan seri plug-in hybrid (PHEV).

Berdasarkan keterangan resmi, Kamis (17/11/2022) model HEV dirilis musim dingin tahun ini dan seri PHEV menyusul, yaitu musim semi tahun 2023. Toyota Prius yang disebut sebagai Hybrid Reborn ini mewarisi siluet monoform khas Prius, namun hadir kembali dengan proporsi yang lebih bergaya.

Pusat gravitasi Prius generasi terbaru ini juga lebih rendah dengan penggunaan roda berdiameter 19 inci pada platform TNGA generasi kedua.

Selanjutnya pada bagian belakang, mobil ini menampilkan lampu belakang yang memanjang dari kiri ke kanan. Sementara bagian depan, terlihat desain lampu utama yang tajam dan kisi udara di bagian bawah dengan aksen krom.

Generasi terbaru Toyota Prius masih pakai desain liftback. (Toyota)

Beralih ke dalam, interiornya hadir dengan warna hitam di seluruh bagian dan panel instrumen yang terintegrasi. Sedan ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Sektor jantung pacu, model PHEV dibekali mesin Dynamic Force Engine 2.000cc yang dikawinkan dengan baterai Lithium-ion sehingga diklaim mampu menghasilkan tenaga 223 tk. Akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dapat dituntaskan dalam waktu 6,7 detik.

Keunggulan lainnya, yaitu diklaim mampu menempuh jarak tempuh sekitar 50 persen lebih jauh dari model sebelumnya. Tentunya hal tersebut berat peningkatan pada kinerja baterai, Prius baru ini dapat beroperasi pada mode EV saja untuk penggunaan sehari-hari.

Suasana kabin interior generasi terbaru Toyota Prius. (Toyota)

Terakhir versi HEV, tersedia dua pilihan mesin, yakni 1.800cc bertenaga 150 tk dan 2.000cc bertenaga 193 tk. Model ini, hadir dengan sistem E-Four terbaru yang menawarkan performa tinggi saat melintasi jalan dengan gesekan rendah seperti jalur tertutup salju dan mampu memberikan stabilitas yang baik saat di jalanan berbelok.

CATEGORIES
TAGS