VW Polo Stop Produksi di Eropa, Ganti Jadi EV

WOLFSBURG, AVOLTA – Kabar kurang baik bagi pecinta khususnya pengguna Volkswagen (VW) Polo, karena pabrikan asal Jerman ini akan menghentikan produksi di Eropa. Sebagai gantinya, bakal fokus menggarap segmen kendaraan listrik alias electric vehicle (EV) berukuran ringkas.

Melansir Paultan, Rabu (2//10/2024), VW dijadwalkan bakal fokus untuk pengembangan mobil listrik berukuran ringkas dengan menggunakan platform Modular Electric Drive Matrix (MEB). Kabarnya akan ada dua model EV yang diproduksi pada 2026 mendatang.

Salah satu model yang paling potensial, yaitu VW ID.2all yang diperkenalkan pada awal tahun 2024 lalu. Bahkam, VW juga bakal menghadirkan versi lainnya dengan emblem Skoda Epiq dan sama-sama menggunakan platform MEB yang ringkas.

Pabrik pertama VW Polo yang berada di Pamplona, Spanyol akan dialihfungsikan untuk mengakomodasi kebutuhan merakit kedua model EV ringkas pada 2026. Fasilitas tersebut menjadi salah satu tonggak sejarah Polo sejak 1984 hingga saat ini yang telah memproduksi 8,4 juta unit Polo untuk seluruh konsumen di dunia.

Perlu diketahui, Afrika Selatan akan menjadi pabrik satu-satunya dan terakhir yang memproduksi Polo untuk beberapa negara yang masuk jaringan edarnya.

CATEGORIES
TAGS