Mengecas Pakai Kabel Bajakan, Nissan Leaf Terbakar di Garasi

Nissan Leaf 2022. (nissan)

MELBOURNE, AVOLTA – Kasus kendaraan listrik (electric vehicle/EV) terbakar mulai terungkap di sejumlah negara. Setelah mobil listrik Mercedes-Benz terbakar di Korea Selatan, dan Tesla di Amerika Serikat (AS),  terbaru yang menjadi sorotan Nissan Leaf hangus saat sedang mengecas baterai di garasi rumah.

Melansir Carexpert, Kamis (3/10/2024), peristiwa ini terjadi pada pekan lalu di wilayah Glen Waverley, Melbourne. Setelah diselidiki, penyebabnya bukan dari mobil listriknya, tetapi pemilik kendaraan menggunakan kabel casan yang tidak standar.

Fire Rescue Victoria menjadikan insiden ini sebagai bentuk pembelajaran bagi pemilik mobil listrik untuk selalu menggunakan kabel casan dari pabrikan agar kebakaran serupa tidak terjadi lagi. Bahkan, diimbau kepada pengguna mobil listrik untuk selalu mengikuti petnjuk produsen ketika hendak mengisi daya baterai.

Perlu diketahui bahwa saat pembelian Leaf, Nissan menyediakan kabel EVSE mode 3, akan tetapi tidak sekaligus dengan kabel charger portabel (granny cable) untuk yang digunakan dengan stop kontak rumah  standar.

Nissan memang menjual kabel tersebut sebagai aksesori di diler resmi. Jadi bisa jadi pemilik Leaf yang terbakar itu tidak membeli di diler resmi tapi di pihak ketiga lainnya yang kualitasnya kurang bagus sehingga mengakibatkan kebakaran.

CATEGORIES
TAGS