Genjot EV ke Pelosok, Cina Terus Tambah Pembangkit Listrik

XINJIANG, AVOLTA – Pemerintah Cina masih terus melakukan upaya agar seluruh masyarakatnya, termasuk di pelosok menggunakan kendaraan ramah lingkungan atau disebut new energy vehicle (NEV), termasuk di dalamnya mobil dengan teknologi hybrid, plug-in hybrid, hingga listrik murni.

Salah satu langkah yang dilakukan, yaitu menambah pembangkit listrik sampai ke pelosok agar pengguna mobil listrik bisa mendapatkan fasilitas maksimal, khususnya ketika melakukan pengisian daya baterai.

Melansir Xinhua, Rabu (2/10/2024), pembangunan sejumlah pembangkit listrik dimulai di Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, Cina barat laut.  Fasilitas ini akan memfasilitasi transmisi listrik yang dihasilkan secara lokal ke daerah lain di Tiongkok.

Fasilitas yang berada di wilayah Ruoqiang, Prefektur Otonom Etnis Mongol Bayingolin, Xinjiang, merupakan bagian dari jalur transmisi pembangkit listrik keempat yang mengarah ke Provinsi Sichuan dan Kota Chongqing di Cina barat daya.

Selain itu, fasilitas ini memiliki total kapasitas terpasang yang direncanakan sekitar 19 juta kilowatt, yang terdiri dari 4 juta kilowatt tenaga angin, 8,5 juta kilowatt tenaga fotovoltaik, 3,96 juta kilowatt tenaga termal yang efisien, dan sekitar 2,5 juta kilowatt penyimpanan energi.

Setelah proyek ini selesai, lebih dari 60%  listrik yang disalurkan ke Sichuan dan Chongqing akan berupa listrik ramah lingkungan, yang dihasilkan dari sumber terbarukan.

CATEGORIES
TAGS