Gambar Paten Terungkap, BYD Siap Garap Segmen Motor Listrik

 

JAKARTA, AVOLTA – Pabrikan mobil listrik raksasa asal Cina, BYD sepertinya akan terus memperluas bisnisnya. Setelah sukses bermain di segmen roda empat ramah lingkungan, jenama Tiongkok ini siap merambah ke pasar pasar roda dua bertenaga baterai.

Disitat dari Visordown, rencana tersebut semakin kuat dengan munculnya gambar paten sebuah skuter matik (skutik) listrik. Meskipun sebelumnya, BYD telah menyangkal rumor terkait masuk ke pasar motor listrik tersebut.

Paten motor listrik BYD yang belum disebutkan namannya ini, adalah sebuah skuter yang memiliki penampakan cukup standar layaknya model-model dari merek lain.

 

Skuter listrik BYD ini, dibangun di atas sasi sepeda, sehingga ujung belakang mesin terlihat jauh lebih bersih dibanding skuter berbahan bakar bensin. Belum diketahui pasti dimensi dari skuter listrik BYD ini, namun jika dilihat dari belt drive-nya, diperkirakan ini akan mirip dengan Yamaha XMax 300.

Jika keputusan BYD untuk menggarap segmen motor listrik ini terealisasi, ini adalah langkah yang cukup rasional. Pasalnya, BYD yang juga merupakan pembuat baterai kendaraan listrik terbesar kedua di dunia, dengan pangsa pasar 15,8% pada 2023, akan membuat langkah untuk masuk ke segmen roda dua ramah lingkungan cukup aman.

Selain itu, dari segi merek, di Cina sendiri, BYD merupakan penguasa pasar roda empat, sehingga imej-nya pun cukup bagus.

CATEGORIES