Xiaomi Mulai Bangun Pabrik EV Kedua di Cina

JAKARTA, AVOLTA – Pembangunan pabrik Xiaomi Automobile tahap kedua telah dimulai. Menurut laporan dari Carnewschina, para pekerja terus melakukan pembangunan untuk memastikan fasilitas produksi dari raksasa teknologi asal Cina ini cepat selesai.

Sebelumnya, pembangunan pabrik Xiaomi tahap pertama telah dimulai pada April 2022, dengan area seluas 720 ribu meter persegi, dengan target selesai Juni 2023.

Sedangkan untuk pabrik tahap kedua ini, berdekatan dengan pabrik pertama dan mencakup area yang lebih kecil, sebesar 531 ribu meter persegi.

Bagian dari fondasi pabrik kedua telah selesai dibangun, dan pengerjaannya dilaporkan dimulai pada hari pembayaran lahan dilakukan.

Sementara itu, menurut laporan yang beredar di media sosial, pembangunan pabrik ini tampaknya berlangsung sepanjang hari, terrmasuk malam hari, dan akhir pekan.

Pabrik Xiaomi produksi EV di Cina. (xiaomi)

Kemungkinan besar, kontruksinya akan selesai dalam waktu satu tahun, dan menurut rencana lahan tersebut akan berdiri bangunan  391.500 meter persegi di atas tanah, dan 8.503,33 meter persegi ruang bawah tanah.

Pabrik tahap kedua ini, merupakan elemen penting dalam peningkatan produksi model kedua Xiaomi, yaitu SUV listrik MX11. pabrik ini, akan membantu mempercepat pengiriman dan membuka jalan bagi model-model baru, yaitu model ketiga Xiaomi yang merupakan model listrik dengan jangkauan yang lebih luas dengan harga terjangkau.

Pabrik baru tersebut kemungkinan juga akan menerapkan teknik manufaktur seperti super die-casting untuk mengurangi biaya dan mempercepat waktu produksi. Xiaomi sendiri telah menerapkan teknologi tersebut, di pabrik pertamanya.

CATEGORIES
TAGS