VW Tutup Pabrik di Jerman, 15.000 Karyawan Terancam PHK

WOLFSBURG, AVOLTA – Volkswagen (VW) mempertimbangkan untuk menutup pabrik di Jerman, lantaran kondisinya lagi tidak kondusif. Dampak lain, otomatis 15.000 karyawan di fasilitas tersebut terancam dirumahkan alias kena PHK.

Melansir Bloomberg, Jumat (20/9/2024) seorang analisis dari Firma Perbankan dan investasi asal Amerika Serikat (AS) Jefferies Group yang mengutip pernyataan eksekutif VW dalam acara roadshow di Amerika Utara, pada Senin (16/9/2024), mengatakan bahwa penutupan pabrik itu tidak harus membutuhkan persetujuan dari dewan pengawas.

Apabila langkah tersebut jadi diambil, menurut laporan Jefferies, VW membutuhkan dana sampai 4 miliar euro pada kuartal IV/2024 ini untuk memberikan pesangon kepada 15.000 orang karyawan yang kena PHK.

“Serikat pekerja kemungkinan akan berada di bawah tekanan untuk mencapai kesepakatan baru, sementara VW dapat memaksakan PHK,” tulis tim analis Jefferies.

Bukan hanya itu saja, menurut tim analis Jefferies, pabrikan asal Jerman itu juga lagi menimbang penutupan dua hingga tiga pabrik lagi ke depannya, dengan kemungkinan hingga lima pabrik di Jerman.

Pihak manajemen VW pun tidak memiliki rencana alternatif jika pembicaraan dengan serikat pekerja gagal menemui titik tengah.

CATEGORIES
TAGS