Toyota Raize Cuma Dapat Rating Bintang 1 Latin NCAP

JAKARTA, AVOLTA – Salah satu model Toyota yang diproduksi di Indonesia dan di ekspor ke berbagai negara, yakni Raize hanya mendapatkan rating bintang 1 dari hasil uji tabrak yang dilakukan oleh Latin New Car Assessment Program (NCAP).

Mengutip Latinncap.com, Jumat (6/9/2024) secara detil nilai untuk kategori perlindungan penumpang dewasa, SUV ringkas ini cuma mengantongi skor 16,21 poin atau 41 persen. Untuk mengurangi potensi terjadinya cedera parah, Toyota membekali Raize hanya dengan dua airbag di bagian depan.

Selanjutnya kategori penumpang anak-anak meraih skornya 35,07 poin atau 72 persen. Skor yang tinggi didapat berkat adanya pengait khusus untuk kursi bayi atau ISOFIX.

Pada kategori pejalan kaki, skor yang didapat 28,17 poin atau 59 persen. Begitu pula dengan kategori sistem bantuan keselamatan, skornya hanya 25 poin atau 58 persen.

“Hasil pengujian melalui tes tabrak dari depan dan samping ini membuktikan kalau ada kekurangan yang signfikan dalam aspek perlindungan keselamatan dan keamanan bagi penumpang mobil tersebut,” bunyi keterangan lembaga pengujian mobil baru itu.

Pantas saja Raize cuma dapat rating bintang 1, karena buat di negara-negara Amerika Latin, SUV ringkas ini hanya dilengkapi dua kantung udara (airbag) dan Electronic Stability Control (ESC). Raize juga tidak diberi fitur canggih lain seperti teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan lainnya baik sebagai fitur standar maupun opsional.

CATEGORIES
TAGS