Tiga Serangkai BYD, Tesla, dan BMW Kuasai Pasar EV Dunia

JAKARTA, AVOLTA – Pasar kendaraan listrik dunia saat ini dikuasai oleh tiga merek beda negara, yaitu BYD, Tesla, dan BMW pada periode Januari hingga Mei 2024. Pabrikan asal Cina, berhasil menjadi raja, dengan penjualan sebanyak 1,2 juta unit pada lima bulan pertama tahun ini.

Kemudian, disusul oleh Tesla di tempat kedua, dengan penjualan sebanyak 625 ribu unit, dan BMW di tempat ketiga dengan penjualan sebanyak 212 ribu unit.

Disitat dari InsideEVs, data yang dirilis oleh EV Volumes menunjukan, untuk penjualan gabungan Hyundai dan Kia, masih di bawah tiga pabrikan tersebut, dengan angka yang hanya mencapai 195 ribu unit.

Jenama asal Jerman, BMW sendiri mampu meraih kesuksesan yang cukup besar di Amerika Serikat.

Investasi Kelas Kakap BMW untuk Mobil Listrik Mini (Reuters)

Sementara itu, Wuling yang merupakan jenama satu negara dengan BYD, mampu menjual sebanyak 179.700 unit, diikuti Volkswagen dengan 157.200 unit, Mercedes-Benz 150.600 unit, dan Geely yang hampir 146 ribu unit.

Jika dilihat dalam dua tahun terakhir, penjualan BYD memang sangat mengesankan, dan menjadi bukti jika pasar global menginginkan kendaraan ramah lingkungan yang memiliki harga murah alias terjangka. pada 2023, BYD berhasil menjual lebih dari 3 juta unit plug-in hybrid (PHEV), dan jumlah tersebut meningakt 62% dibanding 2022.

Sedangkan pada tahun ini, penjualan model PHEV BYD diperkirakan akan mendekati 3,5 juta unit, dan penjualan BEV sedikit menurun pada 2024.

pada Juli 2024, BYD menjual sekitar 130 ribu unit BEV, turun 4% dibandingkan Juli 2023. Sedangkan model PHEV mampu terjual sebanyak 210 ribu unit pada periode yang sama, atau meningkat 62% dibanding tahun lalu.

CATEGORIES
TAGS