Mobil Listrik Proton Tampil Perdana di Hadapan Publik

KUALA LUMPUR, AVOLTA – Proton resmi memperkenalkan kendaraan listrik (EV) pertamanya, yaitu eMas 7 bertepatan dengan hari Kemerdekaan Malaysia, 31 Agustus 2024. Mobil listrik yang mengambil basis dari Geely Galaxy E5 bisa dilihat langsung oleh publik sebelum masuk jalur produksi massal.

CEO Proton Li Chunrong, menuturkan hadirnya mobil listrik ini di parade tersebut memberi kesempatan kepada publik untuk melihat SUV tersebut secara langsung meskipun belum diluncurkan secara resmi.

“Kami mengambil keputusan untuk menyertakan Proton eMas 7 dalam jajaran parade kami, meskipun belum diluncurkan, agar semua orang dapat melihat lebih dekat model EV pertama perusahaan tersebut,” ujar Li Chunrong dikutip dari Paultan, Senin (2/9/2024).

Mobil listrik ini dibangun menggunakan platform Global Modular Architecture (GMA), dan eMas 7 telah dirancang dengan efisiensi hingga 90,04 persen dan baterai lithium-iron phosphate menggunakan sel baterai short blade Aegis.

Mobil ini juga ditenagai chip 7 nm untuk mengoperasikan sistem infotainmen Flyme Auto.

Meskipun spesifikasi resminya belum diungkap, tapi eMas 7 akan dibekali spek yang tidak berbeda jauh dengan Galaxy E5 di Cina, yaitu dibekali motor listrik tunggal 218 ps dan torsi 320 Nm yang mampu mengebut dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 6,9 detik. Mobil ini menawarkan dua kapasitas baterai, yakni 49,52 kWh memiliki jangkauan 440 km dan 60,22 kWh yang diklaim mampu berjalan sejauh 530 km.

Proton eMas 7 ini dipastikan  akan diperkenalkan secara resmi pada akhir tahun 2024 mendatang, dan yang dipamerkan saat ini masih berbentuk purwarupa yang diselimuti stiker kamuflase.

CATEGORIES
TAGS