Mobil Listrik Pertama Ferrari Pakai Suara Knalpot Palsu

MARANELLO, AVOLTA – Ferrari berkomitmen akan masuk segmen elektrifikasi, khususnya mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV). Pabrikan asal Italia itu lagi melakukan pengembangan dan riset untuk mobil listrik pertamanya yang bakal diluncurkan beberapa tahun ke depan.

Melansir InsideEVs, Sabtu (14/9/2024), purwarupa mobil listrik pertama Ferrari itu sedang melakukan pengujian di jalan raya, dan beberapa kali berhasil tertangkap kamera dengan dibalut kamuflase.

Menariknya, mobil listrik tersebut menggunakan suara knalpot palsu, agar memberikan sensasi mengemudi mobil berbahan bakar konvesional. Berdasarkan video yang beredar, prototipe berwujud mirip Maserati Levante terdengar memiliki suara yang menyerupai mesin V8.

Sebelumnya CEO Ferrari Benedetto Vigna pernah mengatakan kalau mobil listrik pertamanya itu akan memiliki suara imitasi yang unik. Kabar tersebut diperkuat dengan merek mematenkan knalpot EV pada tahun 2023 lalu.

Menurut Vigna, suara pada kendaraan listrik dinilai penting dalam meningkatkan kesadaran pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya bahwa ada mobil yang datang dari area sekitar.

Akan tetapi, Ferrari punya pendekatan dan sudut pandang yang berbeda, karena pabrikan menilai tidak hanya berguna sebagai suara imitasi tapi juga ingin mempertahankan gairah mesin ICE pada mobil listrik pertamanya itu.

CATEGORIES
TAGS