Mitsubishi Fuso Bikin Fasilitas Daur Ulang Baterai EV

Truk listrik Fuso e Canter belum dijual. (Daimler)

JAKARTA, AVOLTA – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) mengumumkan rencana untuk membangun fasilitas pengujian untuk memulihkan material dari baterai kendaraan listrik (EV) bekas di pabrik Kawasaki. Jenama asal Jepang tersebut, bakal menggandeng True 2 Materials, perusahaan yang berbasis di Singapura.

Disitat dari laman resmi Mitsubishi Fuso, mulai 2025, jenama asal Negeri Sakura ini akan menggunakan pabrik percontohan untuk melakukan evaluasi daur ulang material anoda, katoda, dan elektrolit dengan produsen sel baterai.

Dengan pengujian bersama mitranya, Mitsubishi Fuso mempertimbangkan usaha bisnis baru, yang mendaur ulang baterai bekas dari truk listrik, seperti Fuso eCanter dan mobil penumpang. Hasil produk daur ulang ini, akan jadi senyawa yang dapat langsung digunakan sebagai bahan campuran berkualitas untuk sel baterai.

Sementara itu, jumlah baterai bekas diperkirakan akan meningkat, seiring dengan tingginya permintaan kendaraan listrik.

Mitsubishi Fuso sendiri, juga akan mempertimbangkan komersialisasi di Jepang, dan menganalisa terkait kesempatan ekspansi produk daur ulang baterai ini ke luar negeri pada masa mendatang.

Sedangkan Mitsubishi Fuso juga sadar, bahwa baterai merupakan bagian penting dari biaya kendaraan listrik, dan bermaksud memaksimalkan nilai bahan baterai dengan mengembangkan proses pengolahan ulang yang efektif, dan dengan begitu akan mengurangi biaya produksi sebuah kendaraan listrik.

CATEGORIES
TAGS