Mercedes-Benz Gelontorkan Rp 30,5 T di Cina

JAKARTA, AVOLTA – Mercedes-Benz telah mengumumkan rencana untuk berinvestasi kakap di Cina. Pabrikan asal Jerman ini, bersiap untuk menggelontorkan dana senilai 14 miliar yuan alias Rp 30,5 triliun di Tiongkok, untuk memperbanyak model baru yang bakal diproduksi.

Dikutip dari siaran pers, yang disitat dari Reuters, Mercedes-Benz berencana meluncurkan beberapa model baru di Tiongkok, yang beberapa di antaranya akan mengaspal paling cepat pada 2025.

Model-model tersebut, antara lain CLA baru bertenaga listrik, dengan jarak sumbu roda panjang yang eksklusif untuk pasar Cina. Kemudian, ada SUV GLE dengan jarak sumbu roda panjang, serta van listrik dengan basis platform Van Electric Architecture.

“China selalu menjadi pilar utama dari strategi global kami serta berada di barisan terdepan dalam transformasi listrik dan inovasi cerdas kami,” ujar Ola Kaellenius, ketua Dewan Manajemen Mercedes-Benz Group AG.

Sementara itu, model CLA baru akan secara khusus dirancang untuk pasar Cina. Mobil anyar ini, akan diproduksi di pabrik Beijing Benz Automobile Co. paling cepat pada 2025.

Sebagian dari investasi tambahan tersebut akan disalurkan ke Fujian Benz Automotive Co. untuk mendanai pengembangan model mobil van listrik mewah.

Sementara, SUV GLE dengan versi jarak sumbu roda panjang akan dikembangkan secara lokal di China dan dipasarkan secara eksklusif di China.

CATEGORIES
TAGS