Mercedes-Benz EQS Ganti Nama Lagi, Balik Jadi S-Class Listrik

STUTTGART, AVOLTA – Mercedes-Benz mengambil langkah penting dalam era elektrifikasi di masa depan, yaitu dengan menghentikan produksi model EQS. Penggantinya, pabrikan asal Jerman ini akan menghadirkan S-Class dengan dua varian, yakni bensin dan listrik.

Mengutip Autocar, Selasa (3/9/2024) CEO Mercedes-Benz Ola Kallenius menjelaskan, bahwa di masa depan bakal ada dua S-Class, yaitu bermesin ICE (Internal Combustion Engine) dan berbasis baterai alias listrik.

Meski demikian, Ola memastikan secara eksterior dan interior tetap dibuat sama, yang membedakan hanya penggunaan platform. S-Class EV menggunakan platform MB.EA Large, sementara yang bensin bakal pakai platform MRA.

Maksud dari pembedaan platform ini, lanjut Ola untuk membedakan karakter seperti layaknya Seri 7 dan i7, sehingga masing-masing tidak akan kembar identik atau masih ada pembeda antara mesin ICE dan listrik.

Terpenting, langkah ini dilakukan karena penjualan versi konvensional yang mengecewakan. Pengiriman mobil ICE tersebut anjlok hingga 37% di kuartal pertama 2024.

Alhasil produksi S-Class dipangkas hanya diproduksi dalam satu shift di fasilitas pabrik 56 di Sindelfingen, Jerman yang juga memproduksi EQS.

CATEGORIES
TAGS