Kuota Subsidi Motor Listrik 2024 Ludes

Motor listrik Greentech produksi lokal Indonesia. (Blibli.com)

JAKARTA, AVOLTA – Masyarakat yang membeli sepeda motor listrik buat periode September sampai Desember 2024, tidak akan mendapatkan subsidi dari pemerintah, lantaran kuotanya diklaim sudah habis. Hal itu berdasarkan data Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira) yang tercatat per 4 September 2024.

Artinya, bantuan dari pemerintah sudah tersalurkan untuk 30.607 unit motor listrik kepada masyarakat melalui produsen atau diler terpilih.

Namun jika dilihat dari sisi pendaftar yang masih berstatus verifikasi untuk pencocokan data transaksi penjualan baik data konsumen, STNK dan TNKB sudah tercatat sebanyak 8.948 data yang sudah terverifikasi. Adapun, jumlah sepeda motor yang sudah diterima oleh masyarakat ada sebanyak 60.857 unit pada tahun ini.

Menanggapi kondisi itu, Ketua Umum Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi, menjelaskan secara kuota memang sudah habis, tapi pemerintah sedang menyisir data agar lebih valid lagi dari apa yang tercantum dalam Sisapira.

“Tentunya akan kita coba lihat kembali bagaimana penyalurannya, kami berharap ke depan akan ada bantuan lagi dari pemerintah untuk mendorong minat masyarakat membeli motor listrik,” ujar Budi di Jakarta belum lama ini.

Perlu diketahui bahwa, Besaran subsidi setiap pembelian motor listrik sendiri, ialah Rp 7 juta. Program ini diberikan untuk satu kali pembelian sesuai dengan NIK di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

CATEGORIES
TAGS