Janji MG Bikin Pabrik Baterai EV di Indonesia

JAKARTA, AVOLTA – Pabrikan otomotif yang menjual mobil listrik alias electric vehicle (EV) di Indonesia, mulai berkomitmen ke langkah selanjutnya, yaitu membangun pabrik perakitan baterai. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan produsen di pasar domestik.

Terbaru, Morris Garages (MG) berjanji akan mendirikan fasilitas perakitan baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh CEO MG Motor Indonesia He Guowei.

He Guowei mengatakan, bahwa  rencana jangka panjang MG Motor di Indonesia, yakni salah satunya mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Sebagai contoh melakukan lokalisasi baterai buat mobil listrik.

“Sekarang ini yang bisa saya katakan, kami akan berinvestasi mengembangkan pabrik baterai di Indonesia, sehingga bisa memproduksi kendaraan dengan kualitas tinggi di pasar domestik,” ujar Guowei beberapa waktu lalu di Jakarta.

Guowei menambahkan, rencana ini muncul setelah prinsipal MG melihat pertumbuhan penerimaan kendaraan listrik begitu positif di Indonesia. Belum lagi banyak pemain baru yang juga masuk ke pasar nasional, sehingga ke depannya pasar menjadi lebih seksi.

Sementara Head of Marketing MG Motor Indonesia Muhamad Irvan Mustafa mengatakan, pabrik baterai masih tergolong ke rencana jangka panjang. Intinya dari global melihat kesempatan pengembangan baterai, namun masih banyak diskusi, pertimbangan, dan visibility-nya.

“Prisipal melihat animo masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik yang tinggi, tapi semuanya butuh finalisasi yang matang,” kata Irvan.

CATEGORIES
TAGS