Jaguar Land Rover Terbaru Pakai Platform Tata Motors

Tata Motors (Reuters)

PUNE, AVOLTA – Tata Motors sebagai induk perusahaan Jaguar Land Rover (JLR) mengambil langkah strategis, untuk mengembangkan model di masa depan. Salah satunya, yakni membuat platform khusus untuk JLR generasi terbaru yang diproduksi di India.

Melansir Autocar, Rabu (11/9/2024) CEO Tata Group Naratajan Chandrasekaran, menjelaskan, platform ini diciptakan untuk mendukung segmen kelas atas yang cocok digunakan oleh merek JLR di masa mendatang.

“Kalian akan mendapatkan manfaat dari keduanya (Tata dan JLR) dalam dua cara berbeda dan volumenya meningkat, yang dimana investasinya akan berhasil dalam satu platform,” ujar Chandrasekaran.

Meski dikembangkan untuk model terbaru, Chandrasekaran menegaskan kalau platform tersebut tidak akan dipakai untuk mobil listrik. Perusahaan menilai bahwa mobil berbahan bakar konvesional, khususnya di India masih tinggi permintaannya ketimbang listrik murni atau berbasis baterai.

Perlu diketahui, Jaguar Land Rover memiliki pabrik yang terletak di wilayah Pune, India Barat. Fasilitas tersebut dibuka sejak tahun 2011 lalu, dan sekaligus menjadi tempat perakitan bagi sejumlah model seperti Jaguar XF, Range Rover Evoque, dan Range Rover Velar.

Bahkan, guna menguatnya permintaan di Asia JLR menghidupkan kembali Freelander yang hadir dengan varian mesin plug-in hybrid maupun listrik. Namun tidak dirakit di India, melainkan diproduksi di pabrik milik perusahaan patungan Chery-JLR di Changshu, Cina.

CATEGORIES
TAGS