Huawei Minat Bangun Jaringan SPKLU di Indonesia

Ilustrasi salah satu casan Huawei di Cina. (Qatken Group)

JAKARTA, AVOLTA – CEO Digital Power PT Huawei Tech Investment Jin Song menyampaikan ketertarikan untuk membantu menjawab tantangan dalam pengembangan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia, yakni dengan cara menyediakan jaringan pengisian baterai.

Menurut Jin Song, meskipun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia masih dalam tahap awal, tapi diperkirakan akan tumbuh pesat dalam waktu dekat demi mengejar pertumbuhan kendaraan listrik secara global, yang lebih tinggi dari perkiraan dalam tiga tahun terakhir.

“Sebagai pemimpin teknologi industri, Huawei akan terus meningkatkan investasi dalam bidang R&D dan teknologi, serta membangun solusi jaringan pengisian daya yang dapat diandalkan para pemilik mobil, dipercaya operator, dan ramah terhadap jaringan listrik,” tutur Jin Song dalam keterangan resmi, Rabu (18/9/2024).

Jin Song mengatakan, prospek industri kendaraan listrik di Indonesia dinilai sangat menjanjikan dalam dekade mendatang dengan peningkatan jumlah kendaraan listrik setidaknya 10 kali lipat secara global, diikuti oleh kenaikan permintaan pengisian daya sebesar 8 kali lipat.

“Indonesia perlu segera memulai pengembangan jaringan pengisian daya berkualitas tinggi secara masif untuk mempercepat penetrasi kendaraan listrik baru serta memperkuat industri dan ekosistem lokal,” ujar Jin Song.

CATEGORIES
TAGS