GWM Rakit Mobil di Vietnam Mulai 2025

Haval Xiaolong Max di Shanghai Auto Show 2023. (carsales)

HANOI, AVOLTA – Great Wall Motors (GWM) terus memperluas pasar di industri otomotif global. Salah satunya mulai tahun 2025 bakal mendirikan fasilitas perakitan di Vietnam, dengan berkolaborasi bersama mitra lokal yang sudah punya pabrik.

Melansir CNevpost, Rabu (25/9/2024) pabrikan asal Cina itu sudah menandatangani nota kesepahaman dengan TAG Group Vietnam, untuk mendirikan fasilitas perakitan kendaraan.

 “Great Wall Motor bertujuan untuk mulai memproduksi kendaraan di Vietnam pada akhir tahun 2025, dengan mengandalkan pengalamannya selama 34 tahun dalam membuat mobil, serta sumber daya lokalisasi dari TAG Group,” tulis pernyataan perusahaan. 

Langkah tersebut juga dilakukan untuk mempercepat ekspansi global, yang sampai saat ini GWM sudah memiliki beberapa basis produksi, yakni di Thailand dan Brazil, dan sejumlah pabrik lainya di belahan dunia.

Sayang belum ada informasi lengkap terkait dimana lokasi pabrik, model yang diproduksi, sampai kapasitas produksinya per tahun.

Selain itu, langkah ini guna membantu target yang dicanangkan pemerintah Cina yang mendorong para produsen mobil untuk mengekspor mobil dalam model CKD, yang berarti bahwa bagian-bagian penting dari kendaraan akan diproduksi di dalam negeri dan kemudian dikirim ke pasar tujuan untuk perakitan akhir.

CATEGORIES
TAGS