GMW Mulai CKD di Vietnam Tahun Depan

Haval Xiaolong Max di Shanghai Auto Show 2023. (carsales)

JAKARTA, AVOLTA  – Great Wall Motor (GWM) terus memperluas pasarnya secara global, khususnya di Asia Tenggara. Jenama asal Cina ini, berencana untuk merakit berbagai kendaraannya di Vietnam, pada tahun depan atau 2025.

Dikutip dari CNevpost, GWM telah menandatangani nota kerja sama dengan TAG Group Vietnam, dan kedua pihak bersepakat untuk melakukan perakitan lokal di negara tersebut.

“Great Wall Motor bertujuan untuk mulai memproduksi kendaraan di Vietnam pada akhir tahun 2025, dengan mengandalkan pengalamannya selama 34 tahun dalam membuat mobil, serta sumber daya lokalisasi dari TAG Group,” tulis pernyataan resmi perusahaan.

Langkah strategis ini, sekaligus melanjutkan komitmen ekspansi GWM di pasar global, yang saat ini telah memiliki tiga basis produksi di Thailand, Brasi, dan sejumlah pabrik lainnya.

Sebelumnya berdasarkan laporan dari Bloomberg, China juga mendorong para produsen mobil untuk ekspor kendaraan dalam model CKD. Artinya, untuk bagian-bagian penting dari sebuah mobil akan diproduksi di Tiongkok, dan kemudian dikirim ke pasar tujuan untuk perakitan akhir.

Sementara itu, GWM juga telah hadir di Indonesia dan untuk model Jolion HEV sudah diproduksi lokal, di fasilitas perakitan Inchcape Manufacturing Facility di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

CATEGORIES
TAGS