BYD Jadi Merek Terlaris Ketiga Dunia, Pepet Volkswagen

Suasana booth pameran BYD di Paris Motor Show 2022. (BYD Europe)

JAKARTA, AVOLTA – Pergerakan BYD di industri otomotif begitu agresif. Selain gencar meluncurkan model baru, pabrikan asal Cina ini juga ekspansi ke banyak negara di Asia, Eropa, hingga Amerika, dengan fokus menjual kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Pergerakannya itu langsung membuahkan hasil, yaitu menjadi merek terlaris ketiga di dunia, di bawah Toyota dan Volkswagen (VW). Bahkan dari sisi jumlah penjualan mepet dengan VW, yaitu 315.600 mobil pada bulan Juli untuk BYD, sedangkan VW 346.200 unit, sementara Toyota  651.200.

Meskipun menempati peringkat yang sangat tinggi pada Juli 2024, dari Januari hingga Juli, BYD berada di posisi kedelapan dalam peringkat penjualan dengan total 1.714.100 unit.

Apabila mengacu pada data ini, tentunya kekuatan merek Cina di dunia masih relatif terfragmentasi dan selain BYD belum ada lagi merek lain yang masuk dalam perhitungan pasar global atau skala 10 besar.

Sebagai contoh penjualan Geely jauh lebih rendah dari BYD, yaitu 577.700, dan merek ini berada di posisi ke-18 secara keseluruhan. Demikian dilansir Carnewschina, Senin (9/9/2024).

CATEGORIES
TAGS