Suzuki Swift Baru Cuma Bintang 3 Euro NCAP

JAKARTA, AVOLTA – All New Suzuki Swift berhasil menjalani tes uji tabrak yang dilakukan oleh lembaga pengujian Euro New Car Assessment Programme (Euro NCAP). Hatchback generasi terbaru Suzuki ini hanya mendapatkan bintang 3 uji tabrak.

Melansir Paultan, Selasa (16/7/2024) Swift terbaru ini sudah melewati berbagai macam pengujian, seperti kemampuan mendeteksi anak-anak hingga perlindungan penumpang dewasa.

Hasil untuk perlindungan penumpang dewasa hanya meraih skor 67 %, dan perlindungan terhadap penumpang anak-anak cuma 65 %. Hasil ini disebabkan oleh lemahnya perlindungan leher ketika menggunakan boneka yang mewakili anak berusia enam tahun serta kurangnya sistem deteksi kehadiran anak.

Sementara kategori pengguna jalan mendapatkan skor 76 %, atau mampu memberikan perlindungan yang baik atau memadai bagi kepala pejalan kaki atau pengendara sepeda yang tertabrak. Sistem pengereman darurat otonom (AEB) juga merespons pejalan kaki dengan baik dan dinilai baik bagi pengendara sepeda.

Sayangnya, Swift terbaru ini tidak memberikan perlindungan terhadap ‘dooring’ di mana pintu mobil tiba-tiba terbuka saat ada pengendara sepeda yang mendekat dari belakang.

Selanjutnya dari sisi keselamatan, Swift mendapat skor 62 % dan memenuhi persyaratan undang-undang dengan memiliki AEB, sistem penjaga jalur darurat, pembatas kecepatan, dan deteksi kelelahan pengemudi.

Lembaga tersebut menyatakan bahwa model tersebut sudah memenuhi kewajiban, tetapi tidak berbuat lebih banyak karena sistem lebih lanjut seperti deteksi penumpang belakang dan pemantauan status pengemudi terbatas.

CATEGORIES
TAGS