Pemerintah Berharap EV Laris Manis untuk Tekan Polusi

Ilustrasi baterai pada mobil listrik BMW. (BMW/drive.com)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berharap penggunakan kendaraan listrik (EV), khususnya untuk angkutan umum bisa terus meningkat. Hal tersebut, bertujuan untuk menekan polusi udara.

“Satu hal yang tak kalah penting, tingkat polusi udara di Indonesia juga dapat ditekan, dengan masifnya penggunaan kendaraan listrik,” ungkap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat ditemui di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, ditulis Selasa (22/7/2024).

Budi mengatakan, pihaknya berharap penggunaan kendaraan listrik dapat terus meningkat, karena memang kini semakin banyak pilihan model ramah lingkungan yang dipasarkan.

Jika sudah begitu, maka transportasi hijau dan juga berkelanjutan di dalam negeri bisa cepat terealisasi.

Tidak hanya penjualan atau penggunaan kendaraan listrik yang diharapkan meningkat, tapi juga ekosistem baterai juga bisa dikembangkan secara lokal.

Saat ini, memang harga untuk baterai mobil listrik masih cukup mahal, dengan mendominasi 30 hingga 40 % dari harga keseluruhan kendaraan listrik.

“Selain impor baterai dari negara lain, tugas kita adalah melakukan penelitian yang komprehensif. Karena itu, pemerintah telah bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk dapat menciptakan baterai kendaraan listrik yang lebih ekonomis dan tahan lama,” tukas Menhub.

CATEGORIES
TAGS