Jetour Berencana Rakit Mobil, Juga Gandeng Handal

Jetour X1 diduga jadi salah satu model yang meluncur di GIIAS 2024. (Jetour)

JAKARTA, AVOLTA – Pabrikan mobil baru asal Cina, Jetour serius berbisnis di Indonesia. Jenama di bawah payung Chery Holding Group ini, bahkan telah memberikan informasi terkait ekspansinya di Tanah Air, dengan rencana merakit mobilnya secara lokal.

Strategi pertama yang diungkap, adalah rencana untuk merakit mobilnya di Indonesia, dengan menggandeng fasilitas milik PT Handal Motor Indonesia, yang terletak di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

“Nantinya, kami akan melakukan perakitan lokal secara CKD (completely knock down) dengan menggandeng perusahaan lokal ya, Handal Motor,” ujar Jacky Yang,” President Director PT Jetour Motor Indonesia, saat ditemui di BSD, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Jetour sendiri, akan menjadi merek mobil asal Tiongkok ke-3, yang menggunakan pabrik Handal, setelah Chery dan juga Neta.

Namun, Jetour sendiri belum memutuskan, apakah Indonesia akan dijadikan sebagai hub produksi, yang artinya mobil buatan lokal ini selain digunakan untuk kebutuhan dalam negeri, juga akan diekspor.

“Sebenarnya untuk strategi Asia Pasifik, kami memiliki beberapa model bisnis yang agak berbeda. Beberapa negara menerapkan kebijakan untuk bisa membuat produksi lokal,” tegasnya.

Sementara itu, Jetour juga baru akan menentukan, negara di Asia Tenggara mana yang akan dijadikan basis produksi, apakah Indonesia, Malaysi, Thailand, atau bahkan Myanmar.

“Kami memiliki bisnis kuat, jadi bisa saja untuk impor CBU, CKD dan sebagainya bisa ditentukan nanti,” tukasnya.

CATEGORIES
TAGS