Honda-Sony Sharing Platform Mobil Listrik

JAKARTA, AVOLTA – Honda dan Sony akan semakin memperkuat kemitraannya dan membangun kendaraan listrik berdasarkan platform yang sama. Kendaraan listrik keduanya, adalah untuk merek Afeela dan juga Seri 0.

Disitat dari Carscoops, penggunaan platform kembar untuk Honda dan Sony ini bertujuan untuk memangkas biaya, dan mempersingkat waktu pengembangan karena ancaman yang terus berlanjut dari produsen Tiongkok.

Sementara itu, mobil listrik Seri 0 dari Honda pada masa mendatang diperkirakan akan mulai dijual dengan banderol US$ 40 ribu atau setar Rp 650 juta di Amerika Serikat. Sedangkan untuk model listrik patungan Sony dan Honda, yaitu Afeela akan dijual lebih mahal, meskipun rinciannya belum diketahui.

Laporan dari Nikkei Asia juga mencatat, platform ini menyumbang sekitar 10 persen dari biaya kendaraan listrik, dan dengan berbagi platform akan menghasilkan penghematan yang signifikan, dan banderolnya bakal lebih rendah dibanding jenama berlambang huruf H ini mengembangkan arsitektur yang berbeda untuk Seri 0.

Generasi kendaraan listrik berikutnya dari produsen Jepang ini, akan mencakup tujuh model yang diluncurkan hingga 2031.

Honda Seri 0 akan menampilkan rangka bodi yang ringan, dengan platform baru ini juga memungkinkan Honda untuk memasang ultra-thin battery pack (paket baterai yang sangat tipis) dan unit daya yang sangat rendah, sehingga bisa mengurangi pusat gravitasi.

Hal ini tidak hanya menguntungkan dari sisi pengendalian, tetapi juga memperluas ruang kabin.

CATEGORIES
TAGS