ESDM Bilang Belum Ada Pembatasan BBM Subsidi 17 Agustus 2024

Ilustrasi BBM Pertalite di SPBU Pertamina. (IST)

JAKARTA, AVOLTAMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, pernah mengatakan kalau per 17 Agustus 2024 pemerintah akan membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Langkah ini dilakukan agar penyaluran subsidi lebih tepat sasaran.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mencoba menanggapi ucapan dari Luhut. Menurut dia, tidak ada pembatasan soal pembelian Pertalite pada 17 Agustus 2024.

“Enggak ada batas-batas 17 Agustus,” tutur Arifin di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (12/7/2024).

Arifin menjelaskan, pemerintah memang ingin penyaluran BBM subsidi tepat sasaran. Namun, revisi Perpres Nomor 191 Tahun 2024 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak masih dibahas dan belum bisa diputusakan dalam waktu dekat.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, PT Pertamina (Persero) yang berada di bawah Kementerian BUMN akan menjalankan pembatasan BBM subsidi sesuai arahan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Akan tetapi sampai saat ini belum ada arahan khusus dari Kementerian ESDM untuk pembatasan pembelian BBM subsidi.

“Belum ada (arahan). Enggak tahu, kan bukan di kita. Kami hanya melaksanakan apa yang diminta oleh regulator, dalam hal ini ESDM. ESDM bilang begini kebijakannya, kami sebagai operator melaksanakan,” kata Arya di Jakarta belum lama ini.

CATEGORIES
TAGS