Demi Efisiensi, Honda Tutup Satu Pabrik di Thailand

Honda Mulai Produksi HR-V Listrik di Thailand (Paultan)

BANGKOK, AVOLTA – Setelah Suzuki dan Subaru, kabar kurang baik kini datang dari Honda Motor yang berencana memangkas produksi mobil di ASEAN. Produsen otomotif asal Jepang itu punya dua fasilitas pabrik di Thailand, yakni di Ayutthaya dan Prachinburi.

Melansir Nikkei Asia, Sabtu (13/7/2024), pabrik yang berada di Ayutthaya akan beralih fungsi menjadi pabrik suku cadang, sementara Prachinburi difokuskan memproduksi mobil.

Kondisi Honda di Thailand memang sedang tidak baik-baik saja. Sebagai contoh total kuota produksi kedua pabrik itu mengalami penurunan dari tahun ke tahun, dari 228.000 unit pada 2019 dan selalu di bawah 150.000 unit dalam empat tahun terakhir.

Bahkan dari sisi penjualan juga Honda selalu di bawah 100.000 unit selama empat tahun terakhir hingga 2023.Meski demikian, performanya masih terbilang bagus, karena aktivitas ekspor dari Thailand tetap berjalan lancar ke pasar Asia Tenggara seperti Indonesia dan Filipina.

Sumber tersebut tidak menjelaskan apakah penurunan itu karena persaingan antar merek terutama saat pabrikan Cina bermunculan, atau ada faktor lain. Namun yang jelas, merek Tiongkok lagi agresif di pasar global, termasuk di Asia.

CATEGORIES
TAGS