Cina Bisa Kuasai Pasar Otomotif Global 2030

Industri otomotif di Cina (Carnewschina)

BEIJING, AVOLTA – Pergerakan Cina di industri otomotif tidak bisa dipandang sebelah mata, sebab sekarang saja negara-negara lain seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, hingga Asia mulai khawatir dengan mobil dari Tiongkok.

Bahkan sejumlah pakar industri di AS pun memprediksi kalau Cina bakal merebut 33 persen pasar mobil di tahun 2030 mendatang, yang artinya satu dari setiap tiga mobil yang terjual di dunia akan dibuat oleh produsen mobil Cina. Demikian dilansir Carscoops, Selasa (2/7/2024).

Selain itu, yang diprediksi bakal lebih mengkhawatirkan lagi bagi merek-merek lain, yakni sebagian besar penjualan tambahan akan datang dari luar perbatasan Cina.

Bahkan AlixPartners memperkirakan penjualan mobil Cina yang dibuat di luar Cina akan meledak dari tiga juta pada tahun 2024 menjadi sembilan juta pada akhir dekade ini.

“Cina adalah disruptor baru industri ini yang mampu menciptakan mobil keren yang lebih cepat dipasarkan, lebih murah, canggih dalam teknologi dan desain, dan lebih efisien untuk dibuat,” jelas Mark Wakefield, salah satu pemimpin AlixPartner.

Menurut dia, di Amerika Utara, produsen mobil Cina diperkirakan hanya akan menguasai 3 persen pangsa pasar, sebagian besar di Meksiko pada 2030.

CATEGORIES
TAGS