Aki Bisa Copot, Daihatsu Gran Max Kembali Recall

Daihatsu Gran Max yang dijual di Jepang, hasil produksi ADM. (Daihatsu)

JAKARTA, AVOLTA – Daihatsu Motor resmi mengumumkan penarikan kembali untuk diperbaiki alias recall untuk mobil niaga andalan, Gran Max di Jepang. Kampanye perbaikan ini, karena masalah aki yang berpotensi lepas dari tempatnya.

Disitat dari laman resmi Daihatsu, recall ini berdampak kepada sebanyak 559 unit Gran Max. Daihatsu juga telah mengumumkan recall ini, kepada Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) Jepang.

Secara detail, recall ini karena ditemukan potensi masalah pada baterai atau aki yang bisa terlepas ketika mobil ditabrak dari belakang. Pengikat komponen ini, bisa longgar hingga aki copot dari tempatnya.

Sementara itu, dijelaskan juga penyebab dari potensi kerusakan aki ini, karena kurangnya pengujian terhadap perlengkapan baterai selama proses pengembangan.

“Perlengkapan baterai pada semua kendaraan akan diganti dengan suku cadang yang sesuai dan penahan baterai akan ditambahkan,” tulis Daihatsu, dalam keterangan resminya, Selasa (9/7/2024).

Produk yang terdampak recall ini, tidak hanya untuk Daihatsu Gran Max, tapi otomatis berlaku juga untuk Toyota Town Ace dan Mazda Bongo. Ketiga model ini diekspor dari pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia.

CATEGORIES
TAGS