Tamu VIP Upacara 17 Agustus di IKN Wajib Pakai EV

JAKARTA, AVOLTA – Ibu Kota Nusantara (IKN) dibangun dengan konsep smart city mobility, yang salah satunya kendaraan yang boleh beroperasi di sana harus ramah lingkungan, seperti kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Bahkan, saat upacara 17 Agustus 2024, tamu VIP yang datang wajib pakai mobil listrik.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, nantinya akan ada simulasi, apakah setiap tamu dari duta besar negara sahabat diberikan satu mobil listrik atau menggunakan bus listrik.

“Semuanya yang bertanggung jawab adalah domainnya dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg),” kata Budi Karya.

Menyoal layanan bus listrik, Kemenhub kata Budi telah melakukan kajian perencanaan teknis angkutan umum di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tahap 1 dengan mengusulkan tiga rute trayek.

Ketiga rute tersebut adalah; rute Park & Ride ke Masjid Raya dengan total kebutuhan 13 bus medium; rute Park & Ride ke Botanical Garden dengan total kebutuhan 7 bus medium; dan rute Park & Ride 1 ke Park & Ride 2 dengan total kebutuhan 21 bus medium.

Sementara itu, Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) sedang merencanakan kerjasama dengan Bluebird untuk menyediakan layanan bus di dalam IKN atau KIPP tahap 1, termasuk pada pengadaan bus listrik dan perencanaan operasionalnya.

CATEGORIES
TAGS