Sayonara Honda Super Cub 50cc

JAKARTA, AVOLTA – Honda bakal menghentikan produksi untuk salah satu sepeda motor ikoniknya, SuperCub 50cc mulai tahun depan, tepatnya November 2025.

Disitat dari Asia Nikkei, salahs atu sumber yang mengetahui rencana pabrikan berlambang sayap mengepak ini mengatakan, berhentinya produksi roda dua mini ini, karena untuk memenuhi standar emisi kendaraan yang semakin ketat.

Honda Super Cub ini, pertama kali dijual pada 1958, dan telah diproduksi lebih dari 100 juta unit selama bertahun-tahun. Tak heran, pasalnya sepeda motor ini cukup populer di dunia, bahkan diklaim memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Model ini, memiliki efisiensi bahan bakar yang sangat baik, dan biasanya sepeda motor mini ini digunakan di negara asalnya, Jepang untuk layanan pos dan pengiriman surat kabar.

Namun, popularitas sepeda motor 50 cc atau yang lebih kecil telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir karena berkembangnya sepeda listrik dan munculnya skuter listrik.

Sementara itu, dikutip dari Kyodo News, Honda mengatakan sulit untuk memproduksi sepeda motor mini yang bisa mengikuti aturan emisi di Jepang.

Peraturan terkait standar emisi di Jepang ini, memang selaras dengan standar emisi global yang lebih ketat yang akan diberlakukan pada November 2025 dalam hal efektivitas biaya

CATEGORIES
TAGS