Kesandung Skandal, Kantor Pusat Toyota Dirundung Petugas

Ilustrrasi Toyota. (IST)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota kembali tersandung skandal penipuan data uji emisi dan keselamatan. Kasus terbaru ini, bahkan melibatkan banyak pabrikan otomotif lainnya, seperti Honda, Mazda, Suzuki, dan juga Yamaha.

Pemerintah Jepang, melalui Kementerian Perhubungan langsung  mendatangi kantor pusat Toyota, untuk melakukan penyelidikan terhadap dugaan skandal tersebut.

Disitat dari Skynews, penyelidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Jepang ini, terkait perusahaan otomotif itu melakukan kecurangan dalam tes resmi, termasuk tes kecelakaan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Chairman Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyoda langsung meminta maaf di depan publik, atas kecurangan tes yang melibatkan tujuh model asal Negeri Sakura ini.

“Kami dengan tulus meminta maaf,” ujar Toyoda.

Toyoda mengatakan, Toyota bukanlah perusahaan yang sempurna. Namun, saat terjadi kesalahan, pihaknya akan mengambil langkah mundur, dan terus memperbaikinya.

Sebagai informasi, Toyota sendiri telah mengatakan, model yang dibuat di pasar luar negeri tidak akan terpengaruh dengan skandal ini. Namun, Toyota sendiri telah menangguhkan pengiriman dan penjualan untuk 3 model yang diproduksi di Jepang, yaitu Corolla Fielder, Corolla Axio, dan Yaris Cross.

CATEGORIES
TAGS