Kalah Bersaing, Geneva Motor Show Tutup

Geneva Motor Show. (Autoexpert)

JAKARTA, AVOLTA – Salah satu pameran otomotif bergengsi, yang juga sudah digelar lebih dari satu abad, yaitu Geneva Motor Show pamit undur diri. Gelaran yang biasanya berlangsung di Swiss ini, tak akan lagi dihelat mulai 2025.

Disitat dari Reuters, Geneva Motor Show harus ditutup karena memang tak mampu bersaing di tengah kompetisi, dan tantangan industri otomotif.

Presiden Comite Permanent du Salon International de l’Automobile Foundation, Alexandre de Senarclens, penyelenggara Geneva Motor Show, sangat menyayangkan keputusan yang mereka ambil.

“Namun, kekurangan ketertarikan dari manufaktur terhadap Geneva Salon dalam konteks kesulitan industri, kompetisi dari pameran Paris dan Munich yang disukai oleh industri domestik, dan persyaratan tingkat investasi untuk memelihara pameran seperti itu,” ujar de Senarclens.

Selain itu, Senarclensjuga mengatakan bahwa berakhirnya umur Geneva Motor Show karena kondisi pasar otomotif Eropa tidak kondusif bagi mereka.

Geneva Motor Show mendapat pukulan berat sejak dunia dilanda pandemi COVID-19, yang membuat penyelenggara tidak bisa menggelar acara pada 2020, 2021, 2022 dan 2023. Ketika kembali tahun ini, hanya sekitar 20-an pabrikan yang berpartisipasi.

CATEGORIES
TAGS