Cina Balas Eropa, Kerek Tarif Impor Mobil ICE

BMW i7 xDrive60

BEIJING, AVOLTA – Langkah Uni Eropa yang memberlakukan tarif impor kendaraan listrik asal Cina, sebesar 38 % langsung direspons pemerintah Tiongkok. Sebagai balasannya, mobil dengan pembakaran internal alias ICE dari Eropa ke Cina bakal dikenakan tarif 25 %.

Mengutip dari sejumlah media asal Cina, kebijakan itu tercipta setelah ada pertemuan tertutup di Beijing antara Kementerian Perdagangan Cina, perwakilan enam produsen mobil Eropa, empat produsen mobil Cina, serta badan industri dan penelitian.

Langkah itu disepakati lantaran banyak produsen asal Cina yang berdampak pada tarif baru di Uni Eropa. Sebagai contoh SAIC Motor Grup cukup populer di Jerman, belum lagi BYD dan merek lainnya akan mulai melakukan investasi di Benua Biru.

Alhasil, karena masih banyak mobil berbahan bakar bensin dari Eropa yang masuk ke Cina, maka nanti akan diterapkan tarif tinggi. Sepanjang 2023 saja, sekitar 250.000 mobil ICE bermesin 2,5 liter dan lebih besar diimpor ke Tiongkok.

Proposal untuk menaikkan tarif impor mobil ICE berukuran besar ini diajukan oleh Global Times, dan segera diterapkan dalam beberapa waktu ke depan.

CATEGORIES
TAGS