Toyota, Subaru, dan Mazda Kolabs Bikin Mesin ICE Baru Ramah Lingkungan

JAKARTA, AVOLTA – Toyota, Mazda, dan Subaru sepakat untuk kerja sama mengembangkan mesin baru yang ramah lingkungan. Namun, ketiga pabrikan Jepang ini, bukan menghadirkan model elektrifikasi tapi unit pembakaran internal yang dapat diadaptasi untuk mengkonsumsi berbagai bahan bakar netral karbon.

Disitat dari Motor1, ketiga pabrikan mobil ini tengah mengerjakan mesin khas yang mewakili merek masing-masing. Secara khusus, Toyota sedang mempersiapkan mesin empat silinder baru, Mazda mengejar mesin rotari , dan Subaru meningkatkan mesin boxer.

Nantinya, mesin baru dari ketiganya ini akan kompatibel dengan beberapa bahan bakar netral karbon, seperti hidrogen cair, biofuel, dan bahan bakar sintetis.

“Selagi kami terus menyempurnakan teknologi elektrifikasi, kami juga akan menyempurnakan mesin yang berlawanan secara horizontal dengan tujuan menggunakan bahan bakar netral karbon di masa depan,” ungkap Atsushi Osaki, CEO Subaru Corporation.

Sementara itu, bagi Toyota, Mazda, dan Subaru menegaskan bahwa akan tetap menjadi rival meski bergabung untuk mengembangkan powertrain yang lebih hemat energi.

Nantinya, mesin baru ini akan lebih kecil, ketiganya mengatakan model masa depan akan memiliki kap yang lebih rendah untuk mendapatkan aerodinamis yang lebih baik untuk lebih meningkatkan efisiensi. Pada saat yang sama, ubahan ini akan memberikan lebih banyak kebebasan kepada desainer.

Tujuan umum lainnya dari ketiga merek ini adalah untuk mengintegrasikan motor, baterai, dan unit penggerak listrik lainnya ke dalam mesin ICE generasi berikutnya. Mesin pembakarannya dirancang untuk memberikan performa yang lebih baik, jadi semoga mobil-mobil menyenangkan akan mendapat manfaat dari perkembangan baru ini.

CATEGORIES
TAGS