Mobil Listrik Honda Cangkok Teknologi F1

Ilustrasi logo Honda (Reuters)

JAKARTA, AVOLTA – Honda telah menetapkan target mencapai elektrifikasi penuh secara global pada tahun 2040 mendatang. Strategi yang dilakukan mulai fokus pada teknologi hybrid, hingga listrik dengan menghadirkan beragam model.

Strategi untuk kendaraan listrik (electric vehicle/EV) sudah mulai dikembangkan, salah satu yang akan diadopsi adalah teknologi pada mobil balap Formula 1 (F1).

Melansir Motor1, Selasa (21/5/2024), pabrikan asal Jepang itu ingin memanfaatkan kemampuan pengembangan mobil F1 untuk mengembangkan kendaraan listrik generasi berikutnya dengan bobot lebih ringan.

Tujuannya ialah demi mengurangi bobot sekitar 220 pon atau 100 Kg, dibandingkan dengan mobil listrik sebelumnya. Pengurangan berat ini termasuk rangka bodi yang lebih ringan dan motor listrik berdimensi tipis.

Para insinyur akan memasang motor listrik dan baterai pada posisi rendah di tengah EV, sehingga menurunkan pusat gravitasinya untuk mempertajam pengendaliannya. Honda juga berjanji akan menghadirkan mobil listrik dengan efisiensi kelas atas.

CEO Honda Toshihiro Mibe pernah mengatakan, tentunya Honda akan menghadirkan kendaraan listrik yang memiliki cita rasa berbeda bila dibandingkan dengan mobil sport, dan tentunya nyaman digunakan.

Kemungkinan model yang sudah mengadopsi teknologi F1 ini akan meluncur pada paruh kedua decade ini melalui Seri 0 dan diawali di pasar Amerika Utara dan menyeluruh ke seluruh dunia.

CATEGORIES
TAGS