Jokowi Minta Elon Musk Investasi Mobil Listrik di Indonesia

DENPASAR, AVOLTA – Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla Inc hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10, di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Senin (20/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengatakan kepada Musk agar menambah investasi, sehingga tidak hanya SpaceX, tetapi juga di sektor otomotif dengan mendirikan pabrik perakitan mobil listrik Tesla.

“Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia,” ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Musk pun memberikan komentar, menurut dia ke depannya, dalam jangka waktu panjang, perusahaan miliknya itu akan mengembangkan investasi di Indonesia. Namun, untuk Tesla kata dia tidak dalam waktu dekat.

“Kami ingin menyimpan kabar tentang itu (investasi Tesla di Indonesia) untuk kesempatan lainnya,” kata Musk.

Sebelum Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga pernah melakukan negosiasi dengan datang langsung ke Amerika Serikat (AS) untuk membicarakan hal ini.

Namun sampai kini belum ada tanda-tanda pabrikan mobil listrik itu akan menanamkan modalnya di tanah air. Alih-alih di Indonesia, Tesla malah sudah membangun jaringan penjualan dan pelayanan di Malaysia.

CATEGORIES
TAGS