Daya Baterai Tesla Menyusut Jadi 64% Setelah 3 Tahun Pakai

CALIFORNIA, AVOLTA – Salah satu keraguan konsumen membeli kendaraan listrik, adalah terkait kesehatan baterai setelah masa pakai beberapa tahun. Sebab, komponen ini harganya paling mahal dan otomatis jika diganti akan merogoh kocek yang dalam.

Depresiasi Kesehatan baterai jelas tidak bisa dihindari, karena semakin lama pemakaian maka lebih cepat menurun. Seperti studi terbaru yang melakukan riset pada Tesla Model 3 dan Model Y, di mana setelah tiga tahun dipakai kapasitas baterai turun menjadi 64%.

Melansir Carscoops, Jumat (31/5/2024) studi yang melibatkan 1,6 juta pengamatan terhadap 14.000 Tesla ini dilakukan oleh Recurrent yang melacak kesehatan baterai pada kedua model Tesla itu.

Recurrent mencatat bahwa baterai menurun dalam kurva berbentuk S, kinerja hanya turun perlahan selama beberapa bulan pertama, kemudian turun secara signifikan secara linier selama dua atau tiga tahun, sebelum mendatar pada tingkat yang tidak optimal.

Namun, perlu diketahui juga kalau Kesehatan baterai mobil listrik Tesla ini tidak dimulai dari 100%. Contoh, Model Y keluaran terbaru hanya memiliki daya tahan baterai 72% dari kisaran resmi EPA (Environmental Protection Agency), dan Model 3 hanya 70%.

Alhasil, penurunan menjadi 64% tidak terlalu mengkhawatirkan. Tapi tetap saja, selama masa kepemilikan normal tiga tahun, Tesla baru akan menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh ketika pemilik mengambil kunci dari diler daripada ketika pemilik mengembalikannya.

CATEGORIES
TAGS