AS Mulai Cekik Impor EV Cina 1 Agustus 2024

China Cetak Rekor Ekspor 2 Juta Mobil Semester I/2023, BYD dan Chery Andalan (Carnewschina)

NEW YORK, AVOLTA – Pemerintah Amerika Serikat (AS) terus berusaha untuk mengurangi populasi produk Cina, termasuk impor kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Langkah yang dilakukan adalah meningkatkan besaran tarif impor.

Melansir Carscoops, Senin (27/5/2024), penetapan tarif baru untuk impor Cina ke AS akan berlaku pada 1 Agustus 2024.

Kenaikannya tidak tanggung-tanggung, seperti contoh tarif impor kendaraan Cina akan naik dari 25 % menjadi 100 %. Kondisi ini termasuk kendaraan listrik murni (BEV) dari semua ukuran, serta hibrida plug-in (PHEV).

Selain itu, pasokan baterai dari Cina juga akan dikenakan tarif yang mahal. Misalnya, bea masuk untuk baterai akan naik dari 7,5 % menjadi 25 %, ini akan berlaku mulai 1 Januari 2026.

Perwakilan Dagang AS Katherine Tai menjelaskan, bahwa tarif baru tersebut dilakukan karena Cina disebut mencuri kekayaan intelektual AS. Tiongkok tidak senang dengan tarif tersebut.

“Tidak hanya akan mengganggu kerja sama ekonomi dan perdagangan normal antara China dan AS, tetapi juga secara signifikan meningkatkan biaya barang impor, menimbulkan lebih banyak kerugian bagi perusahaan dan konsumen Amerika, dan membuat konsumen AS membayar lebih banyak lagi,” ujar Katherine.

CATEGORIES
TAGS