Airlangga Minta Hyundai Tingkatkan Pemasok EV Lokal

SEOUL, AVOLTA – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto sedang melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan, dan salah satu agendanya bertemu dengan CEO Hyundai Motor Group Euisun Chung. Bertemu dengan orang nomer 1 Hyundai itu, Airlangga mengucapkan terima kasih karena sudah berkontribusi mengakselerasi elektrifikasi.

Airlangga mengatakan, Hyundai merupakan salah satu produsen yang memiliki model mobil listrik yang mumpuni, sehingga Hyundai diharapkan dapat mendorong kemampuannya dalam sektor produksi di Indonesia.

“Khususnya bagi UMKM atau supplier lokal, atau engineer Indonesia untuk menguasai urusan EV, tidak hanya mobil, tapi mesin, serta turunannya seperti stasiun pengisian daya dan supaya Hyundai dapat lebih melibatkan pemasok lokal di daerah sekitar pabriknya,” ujar Airlangga dalam siaran resmi, ditulis Rabu (22/5/2024).

Harapan Airlangga juga sejalan dengan Hyundai yang lagi membangun pabrik baterai untuk memproduksi kendaraan listrik yang dilengkapi sel baterai Indonesia. Pembangunan pabrik sel baterai tersebut dilakukan di Karawang, Jawa Barat, dan itu merupakan perusahaan patungan dengan LG Energy Solution yang akan mulai berproduksi komersial pada kuartal ketiga 2024.

“Pemerintah saat ini juga sedang mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) di Indonesia melalui penyusunan peta jalan pengembangan EV, pemberian berbagai insentif, dan pengembangan ekosistem EV di Indonesia,” ujar Airlangga.

CATEGORIES
TAGS