4 Perusahaan Jepang Dorong Aplikasi Bahan Bakar Karbon Netral

Proses produksi Toyota Mirai di pabrik Toyota di Jepang. (Toyota)

JAKARTA, AVOLTA – Empat perusahaan besar asal Jepang, yang bergerak di industri otomotif, yaitu Idemitsu Kosan Co., Ltd, (Idemitsu Kosan), ENEOS Corporation (ENEOS), Toyota Motor Corporation (Toyota), dan Mitsubishi Heavy Industries, Ltd (MHI) telah memulai studi untuk menciptakan bahan bakar karbon netral.

Disitat dalam laman resmi Toyota Global, kolaborasi empat perusahaan ini, bertujuan untuk mempercepat mengenalkan bahan bakar karbon netral di Negeri Sakura pada 2030.

Idemitsu Kosan dalam kolaborasi ini, nantinya bakal mengupayakan penerapkan sosial dari pasokan energi selangkah lebih maju yang beragam, dan ramah lingkungan yang membentuk salah satu dari tiga domain bisnis yang dinyatakan dalam rencana pengelolaan jangka menengah mereka.

Sedangkan ENEOS memiliki visi jangka panjang, untuk menghadapi berbagai tantangan dalam mencapai pasokan energi dan material yang stabil guna mewujudkan cita-cita bersama yakni masyarakat netral karbon nantinya.

Sementara itu, Toyota akan terus berupaya untuk menuju netralitas karbon, yang tidak hanya melalui penyebaran kendaraan listrik, namun juga dengan mengurangi emisi CO2 dari kendaraan bermesin pembakaran internal yang mereka miliki saat ini.

Sebagai contoh, pada 2007 lalu Toyota telah memperkenalkan kendaraan berbahan bakar fleksibel (kendaraan yang dapat menggunakan bahan bakar nabati dan bensin) di Brasil.

Ke depannya, pihaknya akan terus berupaya mengurangi emisi CO2 dari kendaraan bermesin pembakaran internal, termasuk kendaraan yang sudah ada, dan juga akan mempertimbangkan pengembangan mesin yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik yang berkontribusi terhadap penyebaran bahan bakar netral karbon.

CATEGORIES
TAGS