Panasonic dan Mazda Kolabs Bikin Baterai Lithium-ion

TOKYO, AVOLTA – Pabrikan otomotif asal Jepang mulai menjalankan skema kerjasama dengan produsen elektronik, khususnya yang memiliki fasilitas perakitan baterai. Terbaru, Mazda kolaborasi dengan Panasonic memproduksi baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik di masa depan.

Berdasarkan keterangan resmi, Senin (1/4/2024), Mazda dan Panasonic sama-sama berkomitmen untuk mengatasi berbagai tantangan sosial, seperti mitigasi pemanasan global, mendorong pertumbuhan berkelanjutan di sektor otomotif dan baterai, mendukung lapangan kerja lokal, dan mendorong pengembangan bakat.

Kolaborasi ini merupakan tindakan lanjut dari yang sebelumnya dilakukan pada Juni tahun 2023, ketika kedua perusahaan berdiskusi dengan tujuan untuk membangun kemitraan jangka menengah hingga panjang untuk penyediaan baterai lithium-ion otomotif berbentuk silinder.

Akan tetapi, Mazda maupun Panasonic belum membocorkan rincian kemitraan ini. Detail mengenai kemitraan ini akan diumumkan pada waktu yang tepat.

Perlu diketahui, selain Mazda Panasonic juga bermitra dengan Subaru dalam menghadirkan baterai lithium-ion berbentuk silinder untuk kendaraan listrik di masa depan.

Panasonic dikenal sebagai pemain utama dalam industri baterai, dan baru-baru ini mereka gencar memperkuat rantai pasokan sel baterai lithium-ion di Amerika Utara.

CATEGORIES
TAGS