Mitsubishi Xpander Hybrid Menunggu Insentif

JAKARTA, AVOLTA – Mitsubishi Xpander Hybrid dan Xpander Cross Hybrid sudah meluncur di Thailand tahun 2023. Negeri berjuluk Gajah Putih itu lebih dulu menjual hybrid lantaran pemerintahnya memberikan insentif sehingga harganya menjadi kompetitif.

Kedua model itu besar kemungkinan untuk dijual juga di Indonesia karena sebagai basis produksi. Lantas kapan meluncur, apakah tahun ini?

Menjawab pertanyaan awak media, Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum bisa memastikan apakah Xpander hybrid dan Xpander Cross hybrid akan diluncurkan tahun 2024 ini di Indonesia.

“Kedua model itu sudah diluncurkan di Thailand karena ada insentif, kita juga masih menunggu insentif untuk hybrid yang lagi digodok oleh pemerintah,” tutur Kurita di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).

Kurita mengatakan, secara teknologi dan juga bisnis Mitsubishi khususnya MMKSI sudah sangat siap, hanya saja perlu menunggu adanya insentif agar harganya bisa bersaing dengan mobil bensin konvesional.

“Jadi kami untuk sekarang ini belum bisa memastikan apakah hybrid kita akan meluncur tahun ini atau belum, tergantung situasi dan kondisi nantinya,” jelas Kurita.

Secara teknis, kedua mobil hybrid Mitsubishi ini menggendong mesin baru MIVEC dengan kapasitas 1,6 liter. Berdasarkan angka di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan daya 95 tk dan torsi sebesar 134 Nm.

Jantung pacu tersebut dikawinkan dengan sistem penggerak hybrid, terdiri dari set motor listrik dengan daya 116 tk dan torsi 255 Nm, serta baterai hybrid yang ditanam di kursi penumpang depan sebelah kiri.

CATEGORIES
TAGS